Jumat, 05 Oktober 2012

elektive

       Mata kuliah Elektive merupakan mata kuliah pilihan, dimana mahasiswa pada blog ini bisa memilih mata kuliah yang disukai diantara 3 mata kuliah pilihan yang ada di progam study Ilmu Keperawatan FK UGM semester 7 ini yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Jepang dan IT (Information Teknologi) Keperawatan. kebetulan saya memilih mengikuti IT Keperawatan, berawal dari rasa penasaran saya kira - kira apa yang dapat saya pelajari dari mata kuliah ini. dan ternyata hasilnya sangat tidak mengecewakan saya bisa belajar bannyak dari mata kuliah IT ini, diantaranya belajar membuat blog (kebetulan saya blm pernah buat dan belum tau juga cara buatnya,,hehe), kemudian kami belajar Epi Info, aplikasi atau software lain yang bisa digunakan dalam bidang kesehatan kususnya keperawatan, dan SIMKes Keperawatan.
            Pada mata ajar Epi info kami bisa belajar cara membuat formulir penelitian, cara mengolah data penelitian (meski ada beberapa yang tidak bisa dioleh dengan Epi info ini selayaknya SPSS), kemudia membuat pemetan wilayah data epidemiologi suatu penyakit, sangat menyenangkan ditambah dengan pengajar yang dengan sabar melatih kami. ilmu baru bisa kami dapat dan kami bisa merasakan betapa kerennya teknologi itu,,hehe,,meskipun disini kami baru sebagai user bukan programernya. Pada kesempatan ini kami mendapatkan tugas untuk mencari aplikasi atau software yang bisa digunakan dalam bidang kesehatan dan kemudian mempresentasikannya. dan disini kami bisa tau ternyata banyak sekali aplikasi - aplikasi yang menarik dan membantu mempermudah kerja tenaga kesehatan maupun orang awam yang ingin belajar mengenai kesehatan.
           Kemudian yang paling menarik adalah SIMKes Keperawatan yaitu Sistem Informasi Managemen Keperawatan yang merupakan sekumpulan sistem informasi yang saling berinteraksi, yang memberikan informasi baik untuk kepentingan operasi atau kegiatan manajerial.
terdiri dari 3 komponen utama SIM yaitu:
·         Input adalahdata yang dimasukkan ke dalam suatu sistem/perangkat.
·         Process adadah mengolah data tersebut, dan mengembangkan prosedur-prosedur untuk dapat ditentukan data yang akan diperlukan dan dipergunakan, serta memberikan instruksi yang harus diikuti oleh pengolahannya.
·         Output adalah hasil/laporan dari pengolahan data tersebut.
Data informasi akan dimasukkan kedalam komputer sehingga menghasilkan SIM berbasis komputer sehingga komputer berfungsi sebagai penyimpan dan pengolah data. kebetulan dalam mata kuliah ini kami mendapat kesempatan untuk mengunjungi rumah sakit umum daera Banyumas, disana kami bisa melihat secara langsung penggunaan SIM keperawatan dalam managemen dan asuhan keperawatan terhadap pasien - pasien disana. kami juga diberi kesempatan untuk mencoba menginput data lho...hehe..nah diantaranya kami mendapat informasi mengenai perkembangan SIMKes dan apa aja isinya...yaitu diantaranya berisi:
1.      Data pengkajian : yang berisi 13 poin pengkajian dasar untuk menentuan diagnosa yang mungkin muncul pada klien.
2.      Diagnosa keperawatan : diagnosa menggunakan pedoman NANDA  yang diperoleh dari hasil pengkajian, dimana dari hasil input pengkajian akan menampilkan beberapa diagnosa yang mungkin muncul, dan kita tinggal memelih diagnosa yang diprioritaskan.
3.      Perencanaan : pemilihan interfensi yang akan dilakukan sesuai NOC dengan menggunakan pedoman NIC dimana perawat menilih NIC yang diprioritaskan terlebih dahulu sebagai urutan teratas untuk dilakukan tindakan pertama kali dengan memberi nomor prioritas.
4.       Tujuan : yang menampilkan NOC dari perencanaan tindakan yang akan dilakukan berdasarkan diagnosa yang ada, atau tujuan treatmen.
5.      Implementasi : tindakan yang dilakukan dari NIC yang diambil oleh perawat.
6.       tindakan evaluasi : evaluasi dari tindakan yang seharusnya telah dilakukan oleh perawat.
7.      Perencanaan pulang : dengan menggunakan SIM kita juga bisa membuat klinikal pathway bagi klien sehingga kita bisa mengetahui kebutuhan perawatan klien sampai klien bisa sembuh dan pulang beserta dana yang dibutuhkan dari awal mesuk sampai keluar.
8.       Resume keperawatan : kita bisa melihat seluruh tindakan keperawatan yang teleh dilakukan perawat terhadap pasien dari awal pasien masuk sampai keluar atau seluruh tindakan keperawatan yang dilakukan oleh perawat tertentu dalam setiap bulannya, sehingga total biaya perawatan yang telah dilakukan oleh perawat tersebut dapat dilihat secara terbuka.
9.       Administrasi klien : rincian yang berisi seluruh tindakan dan obat yang diberikan serta biaya yang dikeluarkan dalam setiap tindakan yang didapat oleh klien dapat dilihat perinciannya.
10.   Pengkajian.
Selain itu juga terdapat data administrasi mengenai nama perawat dan jumlah tindakan yang dilakukan oleh perawat tersebut dimana data dapat dilihat setiap saat beserta jumlah biaya tindakan yang dilakukan, sehingga setiap tindakan yang dilakukan oleh perawat dapat dihargai.
Dengan adanya SIMKes keperawatan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat perawat dalam melakukan tindakan keperawatan dan menjaga mutu perawatan dan dapat terlindungi secara hukum karena terdapat perincian tindakan yang jelas sehingga bisa dipertanggung jawabkan , serta klien mendapatkan pelayanan yang tepat dan setiap tindakan beserta biaya perawatan yang  bisa dilihat perinciannya sehingga klien lebih merasa percaya. keren kan...dengan mengikuti kuliah ini saya jadi semangat untuk bisa memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai agen untuk memajukan dunia keperawatan,,jadi pengen belajar jadi programmer..hehe...ga terasa blog ini udah mau berlalu..:(...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar